Berkenalan Dengan Linux

Apa sih Linux itu ?

Linux adalah sebuah kernel yang dibangun oleh seseorang berkebangsaan Finlandia yang bernama Linux Torvalds pada tahun 1970. Linux tercipta karena terinspirasi dari sistem terdahulunya yaitu Minix, yang dapat dijalankan dalam sebuah PC.

Linux memiliki julukan sebagai UNIX-Like disebabkan karena Linux memiliki kemiripan didalam perintah terminalnya, walaupun disebut sebagai UNIX-Like, Linux tidak mengandung source code dari UNIX. Linux juga disebut juga sebagai produk Open Source, yaitu kode sumber dari Linux dapat diunduh dengan gratis, juga siapapun dapat mengubah kode tersebut, lalu membagikannya, kegiatan itu sama sekali tidak dilarang oleh siapapun berbeda dengan software lainnya yang sangat tertutup untuk orang

Saat ini keberhasilan sang pembuat Linux, yakni Linux Torvalds sudah melebihi apa yang diduga oleh Linus Torvalds. Saat ini sebagian dari Smartphone, sebut saja Android, menggunakan Linux didalam kernel mereka. Ini juga membuat sistem operasi yang menggunakan Linux sangat mudah untuk dimodifikasi, contohnya Android yang memiliki banyak CustomROM, berbeda dengan smartphone lainnya. Bukan hanya untuk Smartphone, sebagian besar Server didunia menggunakan Sistem Operasi yang berbasis Linux untuk menjalankan tugas yang sangat berat, bahkan Facebook juga menggunakan Sistem Operasi yang berbasis Linux. Kebanyakan Robot, Mobil yang diciptakan manusia juga diprogram/diperintah oleh Linux. NASA tak luput untuk menggunakan Linux didalam pesawat ulang-alik buatan mereka.

Apakah Linux adalah Sistem Operasi ?

Jawabannya adalah bukan. Nyatanya Linux hanyalah sebuah kernel yang mendasari sebuah sistem operasi lainnya. Dikutip dari Wikipedia.org pengertian kernel adalah:

Kernel merupakan program komputer yang menjadi inti dari sebuah sistem operasi komputer, dengan kontrol terhadap segala hal atas sistem tersebut. Pada kebanyakan sistem, kernel merupakan salah satu dari program yang dijalankan dalam urutan pertama saat komputer dinyalakan. Kernel menangani fungsi-fungsi selanjutnya atas proses penyiapan komputer dari sejak komputer dinyalakan seperti menangani layanan input/output dari program lain, menerjemahkanya ke dalam instruksi-instruksi untuk dieksekusi oleh prosesor. Kernel juga menangani perangkat kerja lain seperti memori, papan ketik, tetikus, monitor, printer, speaker, serta perangkat-perangkat lainnya.

Jadi bila ada yang beranggapan bahwa Linux adalah sebuah Sistem Operasi, adalah SALAH

Apa Linux dan UNIX adalah sama ?

Tidak, kedua nama itu adalah berbeda walaupun memiliki fungsi yang hampir sama. UNIX adalah sebuah sistem operasi yang berbayar, sedangkan Linux adalah sebuah Kernel yang Open Source. Namun Linux adalah sebuah versi yang hampir sama dengan UNIX, sehingga kedua software ini sering disalah artikan.

Apa sih Kelebihan Linux ?

Sebagai salah satu Software, Linux juga memiliki beberapa kelebihan yang akan penulis sampaikan.

  1. Termasuk kedalam Software Open Source

    Dilihat dari namanya saja, mungkin kita sudah mengerti. Jadi kode sumber software mereka bersifat terbuka, sehingga setiap orang dapat mengunduhnya dilaman http://kernel.org , mengubah kode tersebut, membagikan hasil perubahan kode tersebut.

  2. Memiliki banyak Sistem Operasi

    Karena Linux hanyalah sebuah Kernel, maka akan ada Sistem Operasi yang menggunakan kernel tersebut, untuk jumlah Sistem Operasi berbasis Linux tidak dapat dihitung dengan jari karena begitu banyak jumlahnya, Namun bila anda ingin mencari Sistem Operasi apa yang cocok dapat dicari pada situs ini https://distrowatch.org .

  3. Tingkat keamanan yang tinggi

    Ini dikarenakan karena pemberian ijin yang baik untuk setiap pengguna, sehingga setiap pengguna dapat mengatur sendiri ijin yang dia berikan untuk file yang dia miliki. Fitur ini hanya ditemukan pada 2 Sistem yaitu, Sistem Operasi UNIX dan Linux. Ini juga dibuktikan karena sebagian besar server didunia menggunakan Linux untuk komputer mereka.

  4. Manajemen Harddisk yang sangat baik

    Dibuktikan pada sebagian besar Sistem Operasi Berbasis Linux, tidak mengalami penurunan performa karena penulisan sektor pada hardisk yang tidak rapi. Hingga cocok digunakan bertahun-tahun tanpa perawatan melalui aplikasi pihak ketiga.