Hal yang dilakukan setelah instalasi Linux Mint Dan Linux Ubuntu

Setelah kemarin penulis menerbitkan sebuah artikel yang berjudul Apa itu Desktop Environmet ? Beserta Penjelasannya. Tentunya teman-teman semua sudah mengenal apa itu Linux ???, tenang kalau belum, admin sudah menulis artikel Berkenalan Dengan Linux, silahkan dibaca-baca dulu.

Hal yang dilakukan setelah instalasi Linux Mint Dan Linux Ubuntu

Pada umumnya Sistem Operasi yang berbasis Linux masih membutuhkan beberapa optimasi-optimasi yang perlu dilakukan agar sistem yang diinstall tetap terbaru dan tidak out-date. Sebenarnya langkah-langkah didalam artikel ini hanyalah opsional (Boleh tidak dilakukan), namun demi performa dan kenyamanan ini bisa dilakukan. Beberapa langkah-langkah yang admin sampaikan membutuhkan koneksi internet, yang bisa dibilang tidak sedikit. Ok untuk langkah-langkahnya bisa disimak ditulisan dibawah.

  1. Melakukan Update Sekaligus Upgrade

    Seperti yang admin katakan tadi, pada tahap ini membutuhkan koneksi sekitar 300MB. Didalam Linux Ubuntu, Mint, dan juga yang lainnya ada 2 proses untuk mengupdate sistem operasi.

    Proses Pertama adalah proses untuk mendapatkan List (Daftar) aplikasi yang sudah diperbarui dari server, didalam proses ini sistem juga akan memilih aplikasi atau library apa saja yang dapat diupgrade (Baca: Diperbarui).

    Proses Kedua adalah proses untuk mendownload aplikasi yang dapat diperbarui, selain mendownload aplikasi, pada proses ini sistem juga akan melakukan instalasi kepada aplikasi yang sudah didownload.

    Berbeda dengan sistem operasi lainnya, didalam distro Linux ini juga akan melakukan update aplikasi untuk seluruh aplikasi yang telah diinstall. Sehingga anda sebagai pengguna tidak perlu repot - repot untuk melakukan update aplikasi secara manual.

    Untuk melakukan Update Dan Upgrade bisa dilakukan dengan membuka Terminal atau menggunakan kombinasi Ctrl+Alt+T bila dimungkinkan. Sehingga memunculkan tampilan seperti dibawah ini
    Terminal

    Setelah muncul tampilan tersebut ketikkan perintah:

    sudo apt-get update -y

    Lalu masukkan kata sandi komputer anda, apabila anda tidak melihat kata sandi yang anda masukkan, Tenang ! tidak usah khawatir ini adalah salah satu mekanisme keamanan didalam sistem operasi anda. Apabila anda sudah yakin dengan kata-sandi yang anda masukkan silahkan tekan tombol Enter

    Lalu masukkan lagi perintah ini:

    sudo apt-get upgrade -y

    Apabila anda diminta kata sandi, masukkan lagi kata sandimu. Selanjutnya tunggu hingga sistem selesai mendownload aplikasi dan menginstallnya.

  2. Memasang ubuntu-resticted-extras

    Mungkin secara default, anda tidak dapat memainkan video atau mendengarkan musik didalam sistem operasi anda. Tak usah khawatir, ini memang tidak dipasang secara default disistem anda. Ini terjadi karena masalah Lisensi Codec Multimedia yang dibatasi dinegara tertentu. Namun anda tetap bisa memasangnya secara manual dengan terminal.

    Pertama, buka dulu terminal anda, dan ketikkan baris perintah ini:

    sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras -y

    Kemudian masukkan password apabila anda dimintai.

  3. Memasang TLP, khusus pengguna Laptop

    Berbeda dengan sistem operasi dari Microsoft Windows, dilinux Ubuntu dan Mint tidak ditemukannya sistem penghemat battery seperti di Windows. Memang ini tidak menjadi masalah bagi anda yang jarang bepergian menggunakan Laptop, tapi bagi anak sekolahan ini akan sangat menggangu apabila tiba-tiba battery laptop habis. Sebagai solusinya ada sebuah aplikasi yang ringan, yang bisa digunakan untuk menghemat konsumsi battery laptop teman - teman.

    Pertama buka terminal anda, dan ketikkan perintah dibawah ini:

    sudo apt-get install tlp -y

    Kemudian masukkan password apabila anda dimintai.

  4. Memasang Firewall

    Firewall akan sangat membantu dalam menjaga keamanan komputer anda ketika sedang browsing diinternet, dengan andanya firewall akan memblok koneksi masuk yang tidak diinginkan, atau anda ingin mematikan koneksi internet anda sepenuhnya.

    Pertama buka terminal anda, dan ketikkan perintah dibawah ini:

    sudo apt-get install ufw gufw -y

    Kemudian masukkan password apabila anda dimintai.

  5. Memasang VLC Media Player

    VLC Media Player merupakan salah satu pemutar musik yang sangat powerfull, kelebihan dari VLC Media Player ini antara lain:

    1. Menggunakan Codec Ciptaan mereka sendiri, sehingga dengan mendownload VLC Media Player anda tidak dipusingkan dengan pencekalan beberapa Codec oleh negara tertentu.

    2. Open Source, Yupss, ini adalah kelebihan terbesar dari VLC Media Player, aplikasi ini merupakan aplikasi Open Source sehingga siapapun bisa melihat bahkan mendownload kode sumber dari aplikasi ini dan mempelajarinya. Sungguh kelebihan terbesar bagi aplikasi ini.

    Untuk memasangnya pertama buka terminal anda, dan ketikkan perintah dibawah ini:

    sudo apt-get install vlc -y

    Kemudian masukkan password apabila anda dimintai.

Sekian artikel ini kami sampaikan. Untuk update selalu ditunggu yaaa, Kami Update setiap hari lhoo. Semoga tidak anda tidak bosan - bosan untuk bereksperimen dengan Linux. Salam Smart !!.