Sublime Text - Aplikasi Terbaik Untuk Coding

Kenapa Sublime Sangat Bagus untuk Programmer

Halo Smart People yang setia menunggu rilisnya artikel kami, kalau temen - temen lagi Coding biasanya pakai aplikasi apa sih ?, hmm… Notepad++ atau Adode Dreamweaver ya ??, tapi temen - temen sudah tahu aplikasi lainnya belum ?, yang pasti aplikasi yang satu ini sangat bagus dan enak untuk digunakan lho…, Aplikasi yang akan penulis bagikan disini adalah Sublime Text.

Sublime Text merupakan sebuah tools yang berupa Text Editor, aplikasi ini biasanya digunakan oleh para Programmer untuk menulis syntax. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan yang akan penulis ulas sampai habis didalam artikel ini. Pokoknya baca sampai habis lho ya …

Kelebihan Sublime Text dari pada Aplikasi Sejenis

  1. Cross Platform

    Cross Platform ??, apa itu maksudnya ?, maksud dari kata Cross Platform ini berarti aplikasi ini bisa dijalankan diseluruh Sistem Operasi mulai dari OSX, Windows, dan Sistem Linux. Sehingga semua pengguna bisa dengan mudah menginstall dan mencoba aplikasi ini tanpa terhalangi oleh berbedanya sistem operasi.

    Tentunya ini merupakan suatu kelebihan tersendiri, berbeda dengan para pesaingnya yang pada umunya hanya bisa dijalankan dari sistem operasi tertentu.

  2. Ringan

    Dengan menggunakan aplikasi ini tentu tidak akan membuat komputer maupun pc teman - teman tidak kelelahan, karena faktanya ukuran aplikasi ini kira-kira hanya 20 MB saja, dan dengan penggunaan sumber daya yang sangat sedikit, tanpa penambahan plug-in yang tidak diperlukan.

  3. Memiliki banyak dukungan plugin

    Bila teman-teman ingin menambah fungsionalitas Sublime Text, bisa dengan sangat mudah. Contohnya apabila teman-teman ingin menambah fungsi Git pada aplikasi ini ataupun ingin menambah dukungan Syntax Highlighting untuk bahasa pemrograman tertentu

  4. Tampilan yang mudah disesuaikan

    Teman-teman pasti sangat bosan apabila setiap akan Coding hanya melihat tampilan yang itu-itu saja, tak pernah berganti sama sekali. Sublime Text memiliki kemampuan untuk mengganti tema dengan sangat mudah, tentu juga didukung oleh banyaknya variasi tema yang bisa didownload dari aplikasi itu sendiri.

    Sebagai catatan, untuk tampilan pada Sublime Text terbagi atas 2 bagian yaitu,

    1. Color Scheme

      Yakni tampilan pada kode yang diketik, setiap bahasa pemrograman tentu akan memiliki variasi warnanya sendiri, sesuai yang teman-teman aktifkan.

    2. Theme

      Yaitu tampilan aplikasi teman-teman (Sublime Text), mulai dari Sidebar, Menu, dan lain-lainnya.

    Dengan begitu banyaknya pilihan tampilan Sublime Text akan membuat teman-teman tidak bosan dan selalu merasa nyaman.

  5. Command Pallete

    Ini adalah menu yang jarang ditemukan pada Text Editor lainnya, dari menu ini teman-teman bisa menjalankan beberapa Sub-menu dari plug-in yang terpasang. Untuk menjalankan Command Pallete dapat dengan menekan CTRL + Shift + P untuk Linux dan Windows atau dengan menekan Super + Shift + P Untuk pengguna OSX.

    Dengan adanya menu Command Pallete akan sangat membantu dalam mengerjakan suatu aplikasi. Juga akan terlihat lebih Modern karena untuk menjalankan menu tidak menggunakan Pointer (Mouse) tapi menggunakan Keyboard.

  6. Semuanya dapat Diubah

    Maksudnya teman-teman bisa mengubah pengaturan pada aplikasi Sublime Text, menambahkan Snippet untuk membantu menyisipkan kode tertentu. Mengubah fungsi tombol, dan lain-lainnya. Untuk setiap konfigurasi tersebut umumnya tersimpan dengan format file JSON, sehingga mudah dibaca oleh manusia.

  7. Split Editing

    Apabila teman-teman memiliki komputer yang layar monitornya sangat lebar, fitur ini akan sangat membantu, karna teman-teman dapat melihat lebih dari satu file.

  8. Instant Project Switch

    Proyek didalam Sublime Text akan direkam dengan konten yang utuh, termasuk file yang sudah dimodifikasi dan file yang belum tersimpan. Ini akan sangat membantu apabila tiba-tiba aplikasi Sublime Text keluar ataupun komputer mati secara mendadak dan file tersebut belum tersimpan, sehingga teman-teman tidak perlu untuk menulis kode dari awal.

  9. Multiple Selections

    Ingin mengubah banyak perubahan dalam satu waktu ?, ini adalah solusi tepatnya, karena dengan fitur ini teman-teman bisa melakukan perubahan dalam satu waktu. Cukup dengan menekan tombol Ctrl + Shift + L dan diikuti oleh kombinasi Ctrl + D teman-teman bisa mengubah banyak kata dalam sekejap.

Kekurangan

Selain memiliki segudang kelebihan, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan antara lain,

  1. Bukan aplikasi Open Source

    Cukup disayangkan aplikasi yang powerfull seperti ini bukanlah aplikasi yang di-Open Source-kan. Tetapi teman-teman juga perlu menghormati para developernya yang telah dengan senang hati membagikannya kepada kita semua

  2. Gratis tapi Berbayar

    Lha maksudnya apa itu ?, maksudnya begini, teman-teman tetap bis menggunakan aplikasi ini selama-lamanya tanpa membeli lisensinya, tetapi teman-teman akan cukup terganggu dengan perintah untuk membeli selama akan menyimpan file, walaupun perintah itu tidak sering muncul. Juga teman-teman bisa membeli Lisensinya dan terbebas dari perintah tersebut. Lha terus bedanya yang bayar dan gratis itu apa ?, tidak ada perbedaan dalam segi performa, fitur, tampilan, dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini. Bila teman-teman ingin menambahkan silahkan ditulis ke kolom komentar ya. Semoga Bermanfaat.