Apa itu PHP dan Apa saja Kelebihannya ?

Apa itu PHP dan Apa saja Kelebihannya ?

Hallo sahabat setia SangCoders, pernahkan teman-teman berfikir bagaimana dan dengan apa situs-situs didunia ini dibuat ?, penulispun juga pernah berfikiran seperti itu. Sebernarnya sebagian besar situs didunia ini dibuat oleh/dengan bahasa pemrograman PHP. Mungkin teman-teman pernah membuka situs Facebook, dan mungkin juga pernah menemukan halaman dimana Facebook menggunakan akhiran .php nah sebernarnya Facebook juga salah satu situs yang menggunakan Bahasa Pemrograman PHP. Berbicara tentang PHP yuk kita berkenalan dengan Bahasa Programana PHP.

Sejarah PHP

Pada awalnya PHP diciptakan oleh seseorang yang bernama Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page , yang pada waktu itu masih bernama Form Interpreted (FI).

Urutan sejarah PHP

  1. 1995

    Awal kemunculan masih berupa skrip sederhana yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Dengan Perilisan kode sumber menjadi Open Source, sehingga banyak programmer yang tertarik untuk mengembangkan PHP

  2. 1997

    Rilis versi PHP/FI 2.0, Interpreter/Kompiler PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

  3. 1998

    Ditahun berikutnya, sebuah perusahaan bernama Zend , merilis PHP 3.0 dengan peningkatan kecepatan dan lebih baik. Disamping itu singkatan PHP diubah menjadi PHP: Hypertext Preprocessor yang merupakan akronim berulang.

  4. 1999

    Berikutnya perusahaan Zend merilis PHP 4.0 yang pada saat itu menjadi primadona dalam pembuatan web karena memiliki kecepatan yang tinggi yang juga stabil.

  5. 2004

    Setelah 5 tahun, Zend merilis PHP 5.0 yang sudah mendukung pemrograman berorientasi objek, dan memiliki banyak peningkatan yang sangat signifikan.

  6. 2017

    Kurang lebih 13 tahun melakukan banyak penelitian, Zend merilis PHP 7.0 dengan menambahkan dukungan yang mumpuni untuk OOP (Object Oriented Programming), juga peningkatan kecepatan yang jauh lebih baik.

Menjalankan PHP pada komputer

Untuk menjalankan PHP, kita membutuhkan software lainnya yaitu Web Server, dan didalam instalasinya sedikit berbeda untuk beberapa Operation System.

Untuk pengguna Linux Cara Menginstall PHP pada Linux

Untuk pengguna Windows Cara Menginstall PHP pada Linux

Kelebihan PHP

  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.

  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.

  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.

  4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.

  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Sekian artikel ini semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam Coders.