Yuk ! Move On Dari MySQL ke MariaDB

Yuk ! Move On Dari MySQL ke MariaDB

Bagi pembaca yang menggunakan aplikasi semacam XAMPP diwindows atau LAMP dilinux, mungkin kurang sadar kalau sebenarnya 2 aplikasi ini sudah tidak menggunakan Database MySQL.

Darimana saya tahu ?, saya mengamati ketika membuka phpmyadmin dan melihat nama servernya bukanlah MySQL tetapi berganti menjadi MariaDB (nb: ini untuk aplikasi XAMPP/LAMP versi terbaru).

Terus apakah ini akan menimbulkan masalah besar ?, jawabannya tidak , berikut penjelasannya.

Mengenal Apa itu MariaDB

MariaDB merupakan database hasil pengembangan dari MySQL, berbeda dengan MySQL yang dikembangkan oleh Oracel karna memang sudah diakuisisi oleh Oracel, MariaDB dikembangkan oleh komunitas yang sebelumnya juga ikut mengembangkan MySQL.

Karena MariaDB dikembangkan oleh komunitas bersama dengan pemilik asal dari MySQL yaitu Michael Widenius, tentu MariaDB menjadi aplikasi Open Source, berbeda dengan MySQL yang sekarang dikembangkan oleh Oracle.

Walaupun secara nama kedua database ini berbeda, tetapi MariaDB memiliki kompatibilitas terhadap semua API dari MySQL, sehingga apa yang berjalan diMySQL juga akan berjalan diMariaDB.

Alasan Pembuatan MariaDB

Setelah diakuisinya MySQL oleh Oracle, banyak orang yang meragukan dan khawatir pengembangan MySQL untuk kedepannya, takut apabila suatu saat MySQL menjadi Proprietary dari sebelummnya yang bersifat Open Source.

Maka sang pemilik dan pembuat dari MySQL melakukan Fork (copy) terhadap repository MySQl dan mengembangkannya menjadi Database baru yang memiliki banyak fitur serta akan seterusnya bersifat Open Source dengan nama MariaDB, yang diambil dari nama salah satu anaknya yaitu Maria. Sama dengan MySQL yang diambil dari nama anaknya yaitu My.

Apakah MariaDB kompatibel dengan MySQL

Sudah dijelaskan diatas apabila MariaDB mengadopsi seluruh API pada MySQL, sehingga semua perintah yang berjalan di MySQL juga akan berjalan sempurna bahkan lebih efektif di MariaDB.

Bahkan seluruh aplikasi yang menggunakan MySQL akan berjalan sempurna apabila menggunakan MariaDB, contohnya saja PHPMyAdmin.

MariaDB lebih baik dari MySQL

Kenapa saya bilang seperti ini ?, berikut alasannya

  1. Pengembangan MariaDB Lebih Terbuka dan Cepat

    Pengembangan MariaDB lebih terbuka dan cepat jika dibandingkan dengan MySQL. Oracle memang masih mengembangkan MySQL dan bahkan Oracle telah mempekerjakan pengembang baru MySQL yang kompeten setelah sebagian besar pengembang aslinya mengundurkan diri. Namun pada setiap rilis terbarunya MySQL, Oracle jarang mempublikasikan perubahan – perubahan pada MySQL, mungkin hanya sebagian perubahan yang dipublikasikan.

    Sedangkan pengembangan MariaDB sangat terbuka. Semua perubahan, penambahan fitur dan peningkatan dapat diketahui secara terbuka dan kita dapat berpartisipasi dalam pengembangannya pada mailing list publik yang telah dibuat sejak tahun 2009.

  2. Lebih Cepat dan Transparan Dalam Rilis Keamanan
    Oracle memiliki aturan dalam membuat rilis keamanan hanya setiap 3 bulan sekali untuk semua produknya dan rilis untuk fitur dan peningkatan MySQL setiap 2 bulan sekali. Kadang informasi rilis ini kurang jelas dikarenakan rilis antara keamanan dan peningkatan yang tidak sinkron. Juga pada catatan rilis MySQL tidak terdapat daftar CVE (Common Vulnerabilities and Exposures) yang telah diperbaiki, hal ini tentu membuat orang – orang bingung apakah bug atau celah CVE telah diperbaiki atau tidak.

    Sebaliknya, MariaDB mengikuti standar industri dalam merilis update keamanan dan fitur secara bersamaan. Juga setiap rilis terbaru MariaDB selalu memberitahukan CVE apa saja yang telah diperbaiki. Bahkan ketika ada CVE baru yang muncul, hanya dalam beberapa saat, update untuk memperbaiki bug tersebut sudah dirilis.

  3. Memiliki Banyak Jenis Storage Engine
    MariaDB memiliki banyak Storage Engine yang dapat diaplikasikan ke MariaDB seperti XtraDB, Aria, Cassandra, Spider, TokuDB dan lainnya bisa Anda lihat selengkapnya di halaman Storage Engine yang didukung MariaDB.

    Memang pada MySQL juga mendukung sebagian dari Storage Engine diatas, namun jika Anda ingin menggunakan Storage Engine tersebut Anda harus menggunakan pihak ketiga. Sedangkan MariaDB secara resmi mendukung storage engine diatas dan Anda dapat menggunakannya dengan lancar karena telah didukung secara resmi.

  4. Performa Yang Lebih Baik

    MariaDB mengklaim bahwa softwarenya memiliki kinerja yang lebih baik dalam query dan performa. Kebanyakan Benchmark yang dilakukan menunjukkan bahwa MariaDB lebih cepat daripada MySQL.

  5. Kompatibel dan Mudah untuk Migrasi dari MySQL

    Mulai dari MariaDB versi 5.5 merupakan versi yang 100% kompatibel dengan struktur data pada MySQL, jadi jika Anda ingin berpindah dari MySQL ke MariaDB, Anda tidak perlu khawatir terjadi masalah pada data lama Anda di MySQL karena MariaDB sudah dirancang untuk kompatibel dengan struktur data pada MySQL.

    Sebagai penutup, menurut kami MariaDB memiliki banyak keunggulan daripada MySQL. Bagaimana menurut Anda? Silahkan berikan komentar Anda dibawah.

Penutup

Jadi, secara keseluruhan MariaDB tetap akan menjadi database yang memiliki performa yang lebih baik dari pada MySQL, saya pribadi juga lebih menyukai MariaDB yang bersifat Open Source yang dimana saya merasa aman apabila ada suatu bug yang terjadi, maka update keamanannya akan cepat bahkan terjadi pada hari pelaporan bug itu juga

Mungkin dikesempatan mendatang saya akan membagikan Cara Installasi MariaDB, PHP, Apache disemua distro Linux, karena memang OS saya berbasis Linux juga.

Jangan biarkan ilmu berhenti pada satu titik saja, alirkan ilmu itu agar bermanfaat bagi orang lain juga.

Sekian apabila ada kesalahan tolong dikoreksi, dan apabila bermanfaat bisa anda bagikan keteman-teman anda.